Saturday, February 14, 2009

Death and All His Friends




Anda takut mati? sama, aq juga ^^ Setiap manusia, ketika ditanya tentang kematian pastilah jawaban mereka rata-rata sama yaitu takut akan datangnya kematian.Tapi, apa sih daya kita sebagai makhluk yang lemah dan tak berdaya di hadapan malaikat pencabut nyawa? bisakah kita menolak kala ia datang menjemput? tentu saja jawabannya tidak.Tetapi, bukan itu yang menjadi topik masalah di postingan blog-ku kali ini.Aq akan membahas kenapa sih manusia mempunyai perasaan takut akan kematian? Mungkin, berikut diantaranya:

Merasa Takut Karena Belum Mempunyai Bekal Yang Cukup
Rata-rata manusia takut akan mati karena mereka merasa belon mempunyai bekal yang cukup untuk menghadapi kehidupan setelah dunia fana.Mereka merasa amalan-amalan yang telah mereka kumpulkan ketika hidup belon banyak berarti untuk menolong menghindarkan mereka dari azab baik itu azab kubur maupun azab akhirat.Oleh sebab itu, mereka berusaha untuk berusaha beramal habis-habisan agar kelak bekal mereka itu cukup untuk mereka pertanggung jawabkan di hadapan Ilahi.

Merasa Takut Meninggalkan Kekayaan Dunia
Apa jadinya ketika manusia yang sukses di dunia dihadapkan pada kematian? sanggupkah mereka bercerai dari kekayaan yang sudah mereka usahakan selama ini? tuluskah hati mereka ketika berpisah dari anak dan istri yang sangat mereka cintai? Maukah mereka meninggalkan pangkat dan pekerjaan yang sangat ia banggakan? tentu saja mereka takut kehilangan semua hal itu.

Merasa Takut Karena Banyaknya Pendapat Tentang Kematian
Rata-rata manusia takut mati karena terpengaruh pandangan "Katanya mati itu sakit", atau "Katanya mati itu tidak menyenangkan", dan banyak pandangan-pandangan lainnya.Yah, mereka wajar aja gelisah dan takut karena belon ada se-orang pun yang mati lalu hidup kembali ke dunia untuk menceritakan bagaimana rasanya mati itu.Makanya banyak manusia lalu mengira-ngira sendiri dan akibatnya malah takut mati karena emang belon pernah merasakan kematian sebelumnya.

Merasa Takut Karena Ada Impian Yang Belum Tercapai Dalam Hidup
Ketika manusia hidup di dunia dan sedang mengejar sesuatu dalam hidup apalagi sesuatu yang sangat berarti dalam hidupnya entah itu pekerjaan ato cita-cita, tentu mereka tak ingin kematian menghadang jalan mereka untuk mencapai tujuan tersebut.Tapi, apa mau dikata, terkadang impian kita tak sejalan dengan takdir Ilahi.Nah, untuk mengantisipasinya tentu saja mereka bekerja dan menabung agar kelak ketika mereka meninggal, para penerus mereka akan meneruskan impian mereka tersebut.

Nah, kalo anda sendiri gimana? apakah anda takut mati ato malah pengen mati? ^^

20 comments:

tuyi said...

Kita semua sudah teken kontrak untuk mati tapi ntah kapan waktunya walauhu'alam.
Makanya kapanpun harus siap. Siap dijemput oleh kematian.

grubik said...

Ada baiknya takut mati, kalo gak takut bahaya tuh, tar ada truk lewat malah ditubruk, ha ora wedi mati je...

adicahblora said...

berani hidup tidak takut mati
takut mati jangan hidup
takut hidup mati aj... he..3x

jensen99 said...

Muda foya-foya
Tua kaya raya
Mati masuk surga
Amin!

BtW ini ada pendapat bagus dari "the Death" ^_^
http://reinalunarrune.wordpress.com/2008/12/13/the-death/

Bang Aswi said...

Ya, bagi yang belum siap pasti akan merasa takut. Sangat berbeda yang sudah mempunyai persiapan alias perbekalan. Nah, saya pun sedang berusaha untuk mengumpulkan perbekalan itu sebanyak-banyaknya. Amiiin....

Menik said...

semua ketakutan akan kematian pasti selalu ada. dan alasannya pasti berbeda2...
yang jelas, semua yg hidup pasti akan mati...
yuk ah.. siap2... we'll never know what will happen :)
*kaya yg siap aja nih saya* :P

Aribicara said...

Kliatanya sama dech dan alasanya juga, memang seperti itu buatku :)

Terlebih aku masih terlalu banyak dosa2 yg kuperbuat.

Salam :)

sawali tuhusetya said...

saya juga belm mau mati, mas toim, hehehe ... sebab merasa masih banyak dosa dan kesalahan yang saya lakukan. meski demikian, kalau ajal memang sudah tiba, tak sedetik pun ada yang sanggup menolaknya.

Toim said...
This comment has been removed by the author.
Toim said...

@tuyi
tumben serius, bung tuyi.udah ilang rasa humornya yah? :D

@grubik
kalo itu sih mau bunuh diri namanya, masa mati dicari-cari? :)

@adi
mbulet wae :D

@jensen
maunya sih jg kayak gitu :)

@aswi
aq jg, bung aswi.semoga amalan kita diterima Allah SWT

@menik
yang penting siap2 ajah, abisnya kita kan gak tau kpn waktu itu terjadi

@ari
asal bertobat, insyAllah pasti diampuni

@sawali
aq jg sebenernya takut kematian, tp klo inget2 dosa koq enak yah? ^^;

Rosyidi said...

Ada yang bilang, kalo takut mati ya gak usah hidup. Karena semua yang hidup pasti mati. Yang penting kita menjalani hidup ini sebaik mungkin. :)

thevemo™ said...

Kirain mo review tentang Album of yearnya ColdPlay

Viva La vida & Death And all his Friends

Jika bekal sudah siap, rasa takut akan hilang

Toim said...

@rosyidi
emang bener jg sih, tp klo udah sukses mungkin beda lg ceritanya :D

@thevemo
terinspirasi lagu coldplay jg sih, maklum fans berat bgt :D

yusdi said...

setiap yang hidup pasti akan mati...jadi jangan takut mati...hehehehehe

hanif said...

lha mau gimana lagi? takut ngga takut kan akhirnya mati juga :D ya mending ga usah takut. (tapi tetep takut)

adit-nya niez said...

Huhu... Klo alasan saya ada di point pertama itu. Tapi kok uah tau kurang bekal masi tetep aja gak mau nambahin yah. Uhuhu...

Ridu.web.id said...

dengan adanya rasa takut mati membuat kita mempersiapkan datangnya kematian itu sebaik mungkin..

Chic said...

masalahnya bukan takut, tapi belum siyap!

Aryo said...

coldplay! :D~

*ahem*

orang yang panjang umur tu yang takut mati. :D

Toim said...

@yusdi
emang bener sih, bung yus.tp klo ngebayangin kadang2 serem jg

@hanif
kekeke...yg pasti klo mau mati yah mestinya takut donk

@adit
mmmm...yg aq takutin malah ngrasa bekal bnyk gak taunya ditolak semua :(

@ridu
tul bgt, ridu.cuman kadang2 setan-nya bnyk, jd pengen seneng2 terus

@chic
sama aja, neng :)

@ario
org panjang umur klo bnyk persiapan gak takut2 bgt koq, mungkin dia malah kangen mati